Thursday 9 April 2015

Pasar Barang Bekas di Belanda (Rommelmarkt Arnhem 2015)

Siapa yang suka awul-awul? Awul-awul alias barang bekas memang menjadi salah satu alternatif untuk shopping di Belanda. Dikarenakan biaya hidup di Belanda memang selangit, memberi barang bekas kita atau membeli barang bekas memang menjadi salah satu budaya di sini. Mungkin di Indonesia memberi barang bekas kepada teman atau keluarga bisa dibilang kurang pantas, tapi di sini lain halnya. Misalnya, kita mempunyai sofa yang sudah tidak terpakai lagi, pilihannya, bisa kita berikan ke tetangga, dijual lagi di website Martkplaats.nl, atau diberikan ke toko second hand, yang di sini dikenal dengan nama kringloop. Sistem kringloop ini sangat mudah, Anda dapat memberikan barang yang ingin Anda buang kepada mereka, nanti hasil penjualan akan disumbangkan untuk biaya pendidikan anak-anak di negara-negara berkembang seperti India dan Indonesia.
Salah satu toko barang bekas (kringloop) di Belanda. Sumber: http://www.vandaagopstap.nl/images/items/Kringloopwinkel-Rataplan-Den-Helder_11328.jpg

Saya pun sejak di sini jadi melirik barang bekas ini, karena untuk beberapa barang saya bisa beli dengan harga terjangkau dan kondisinya masih bagus. Terakhir sayang berhasil membeli radio, normal di toko harganya bisa mencapai 40 euro. Di toko barang bekas saya dapatkan dengan harga 4,50 euro saja. Banyak kan bedanya untuk barang yang sama. Yang unik lagi, Anda dapat menemukan semua jenis barang, tanpa terkecuali. Bahkan tidak jarang saya nememukan pakaian dalam wanita ikut dijual.

Hari Minggu, 29 Maret 2015 saya berkesempatan mengunjungi pasar barang bekas terbesar di kota saya. Setiap tahun, organisasi barang bekas di Belanda mengadakan semacam pasar kaget untuk 3 hari saja. Kali ini berlokasi di stadion sepak bola dan konser di kota Arnhem, bernama Gelredome.

Selain penasaran ingin hunting barang bekas, saya juga penasaran dengan stadion ini. Merupakan salah satu stadion sepakbola dan konser terbesar di Belanda. Banyak selebriti asal Amerika mengadakan konser di sini, seperti Sting, Spice Girl, AC DC, Backstreet Boys, sampai Justin Bieber dsb.



 Biaya masuk untuk ke pasar barang bekas ini adalah 4,50 euro per orang. Terdapat banyak orang yang sengaja membuka stand untuk berjualan barang-barang yang mereka tak butuhkan lagi.

Cuma sayang, kali ini saya belum beruntung, saya belum menemukan barang bagus seperti biasanya. Tapi lumayan untuk menghabiskan waktu weekend kami :-) Happy reading second hand lover :-)


Perabotan rumah juga tak ketinggalan untuk dijual

Berbagai baju second hand yang dijual




7 comments:

  1. dulu mertuaku pas msih tugas di Jerman, sebulan sekali selalu ke Belanda untuk belanja bulanan..Katany di sana lbh komplit drpd Jerman :D nah, mama srg cerita jg dia srg liat brg2 bekas di tempat itu mba... kebanyakan perabotan, dan beberpa malah dibawa ke Jakarta ketika masa tugas selesai :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi betul banget mak Fanny. Orang sini rata2 jual/buang barang2nya lebih karena pengen ganti suasana, jadi masih pada bagus2. Sayang kalo ngga dipakai, mending buat kita :D Makasih mak Fanny sudah mampir dan share di sini. Salam kenal dari saya :)

      Delete
  2. Wah di stadion mak? Keren.. disini Vlooienmarkt itu kayak di gudang gede yang berbau shipping gitu (deket pont juga). Masuknya sama, makanya prinsipnya harus dapat sesuatu biar gak rugi bandar hahaha tapi memang kalau gak ada yang cocok apa mau dikata ya. Tfs mak ;-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener mak, bayangannya bakal seperti biasa dapat barang2 menarik, kok asik kalau koningsdag haha..dapat macam2 malah :D Suka beli apa mak kalau di vlooienmarkt? Di sini ini tempat terbesar di kota, mungkin karena itu jd sering dipakai :D Makasih dah mampir Mak Dede :D

      Delete
  3. Waw keren. Kapan ya bisa ke sana? Heheheh. Penasaran tempa itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mak Anisa, makasih dah mampir ke sini :) Semoga bisa sampai Belanda mak. Aku doakan :) Tempat spt ini banyak mak di Belanda, puas deh mau cari apa saja :D Salam kenal dariku mak Anisa :)

      Delete
  4. Kebetulan sy lg tugas di arnhem..bisa mampir...g jauh dr apatrmn sy menginap...thanks atas infonya ya...

    ReplyDelete