Wednesday 29 April 2015

Kebun Bunga Tulip Keukenhof

Bunga tulip dan Belanda ? Siapa sih yang nggak kenal :) Bunga yang satu ini memang tiada duanya (untuk saya penyuka bunga), di Belanda tanaman satu ini bisa ditemukan di mana saja, terutama di musim semi seperti sekarang. Anda penyuka bunga dan kebetulan di Belanda waktu musim semi ? Kalau begitu Anda lebih baik datang ke Keukenhof. Kebun bunga tulip yang hanya buka sekitar bulan Maret sampai Mei ini akan memanjakan mata dengan berbagai keindahan 800 variasi bunga di dalamnya. 
Bunga Tulip di Keukenhof

Untuk kedua kalinya bertepatan dengan hari ultah saya, kami berkunjung ke sini, tahun 2013 saya sudah berkunjung ke taman ini bersama keluarga dari Indonesia (silakan intip postingan lama saya di Keukenhof 2013). Kali ini saya membawa suami yang sudah lama sekali tidak berkunjung ke sini. Terakhir dia ke sini ketika usia 8 tahun.

Tahun 2013 kami ke Keukenhof menggunakan kereta dan dari bandara Schiphol, Amsterdam, kami menggunakan shuttle bus dari Schiphol menuju ke Keukenhof. Tahun ini kami menyetir sendiri dari rumah, sehingga biaya tiketnya juga lebih terjangkau, 16 euro per orang plus 6 euro untuk parkir mobil.

Pintu masuk Keukenhof
Berada di taman ini seketika mengingatkan saya kalau saya sedang berada di taman bunga ala dunia fantasi, kira-kira rasanya seperti ada di film India yang penuh dengan tarian di taman bunga hehehe...oleh karena itu mungkin taman bunga ini selalu dipadati pengunjung setiap tahunnya. Kami berkesempatan ngobrol dengan salah seorang pegawai Keukenhof, untuk beliau yang tiap tahun jaga di sana, tahun ini bisa dibilang sepi dibandingkan tahun lalu. Bayangkan suasananya seperti ketika Anda memasuki pasar Beringharjo di Jogja, dengan mayoritas pengunjung dari negara-negara tetangga Belanda dan turis Cina (Asia Timur).
Tidak hanya Tulip yang ditanam di sini
Taman bunga ini dilengkapi juga dengan beberapa paviliun yang diambil dari nama ratu-ratu dan raja Belanda saat ini (Willem Alexander). Isinya ? Tak lain dan tak bukan adalah bunga-bunga hehe...tetapi bunga-bunga yang ada di paviliun ini sudah didekorasi sedemikian rupa sehingga membuat ruangan paviliun semakin berwarna. Dan tak hanya tulip, ada juga bunga Lily dan Anggrek. Ada juga paviliun yang berisi tentang sejarah bunga tulip yang ternyata datang dari Turki, dan perkenalan berbagai seni yang terinspirasi dari tulip.
Suasana dalam paviliun Willem Alexander
Nama2 paviliun yang ada di Keukenhof
Bunga Lily
Bunga Anggrek
Anda ingin ketemu ciri khas Belanda lainnya selain Tulip ? Mudah saja, di Keukenhof ada juga kincir angin besar yang bisa dimasuki dan tukang pembuat Klompen (sepatu kayu Belanda) yang dengan lihai memperlihatkan pengunjung bagaimana membuat sepatu kayu ini. 
Klompen Belanda
Bersama Nijntje, kelinci asal Belanda
Berpose dengan klompen raksasa
Sayangnya waktu kami berkunjung, cuaca kurang mendukung, tetapi semua itu tak mengurangi rasa senang menikmati keindahan bunga-bunga di Keukenhof. Untung tidak hujan, itu saja :D Karena di Belanda cuaca suka berubah2. Sekian cerita saya tentang merayakan hari ulang tahun di taman bunga favorit saya. Selamat membaca ! P.S. Berikut beberapa foto tambahan dari Keukenhof :)
Souvenir2 yang dijual

8 comments:

  1. huwowo.. doakan aku kesana mak.. indah banget :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amien amien mak, suatu hari pasti bisa ke sini :) Iya mak, indah banget, saya ngga bosan2 ke taman ini 2x hihi. Thanks sudah mampir mak :)

      Delete
  2. Cantiknya Mak.... Jadi pengen ke sana.....

    ReplyDelete
  3. duh cantiknya... semoga saya jg berkesempatan ke belanda... :)

    ReplyDelete
  4. aha! ternyata ga cuman tulip ya yang di keukenhof. fotonya cantik cantik mak ;-) bayangin misal harus jalan dengan klompen raksasa dr kayu..omg! :-D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untungnya mak Dede ga cuma melulu tulip hihi...ada bunga2 lain juga biar variasi :D Gedean lg klompen di Amsterdam mak, inget ngga haha. Thanks for visiting mak.

      Delete