Wednesday 8 April 2015

Dancetour Arnhem 2015

Musim semi di Belanda telah dimulai. Seiring dimulainya musim semi, dimulailah pula berbagai musik festival untuk anak-anak muda yang biasa diadakan outdoor. Tanggal 5 April 2015 ini yang berkenaan dengan hari pertama Paskah, festival musik pertama di kota tetangga, Arnhem dibuka. Festival musik yang berjudul Dancetour Arnhem 2015 ini dimulai pukul 13.00 hingga 21.00 malam. Ya, sampai malam seharian karena memang musim semi harinya makin panjang, matahari baru benar-benar terbenam sekitar pukul 20.00.
www.dancetour.nl/events/arnhem

Pengisi acara festival. Sumber: www.dancetour.nl/events/arnhem
Festival musik ini merupakan festival musiknya anak muda di mana jenis musik yang dimainkan adalah techno dan rap (hip hop) atau di Belanda dikenal dengan musik jenis hardstyle. Pengisi acaranya tak lain adalah beberapa DJ (disc jokey) terkenal dari Belanda dan group musik berjenis techno rap yang di Belanda terkenal dengan nama Yellow Claw (ini yang saya tunggu2).

http://www.stemevents.nl/entertainment/files/Persfoto-Yellow-Claw.jpg
Berhubung saya suka sekali jenis musik ini, terutama DJ2nya, saya pun sengaja meminta hari libur dari pekerjaan untuk datang ke festival ini. Dan untungnya tanpa biaya masuk alias GRATIS. Saya doyan sekali yang gratisan hahaha...ketularan orang Belanda mungkin ya :) Yang gratis yang paling diminati :).

Sepanjang jalan menuju festival ini, anak-anak muda Belanda dari kota-kota lain sudah memadati jalan dan stasiun kereta. Ketika hendak masuk ke venue festival, kami diharuskan mengantri terlebih dahulu, antriannya sangat panjang dan penuh, plus diperiksa layaknya pengecekkan bandara. Tidak boleh bawa minum dan benda-benda yang rawan meledak. Jadilah minuman botol saya dan body spray ikut dibuang. Hand creme sebetulnya juga mau dibuang tapi saya larang ya karena konyol saja :p.

Sejak berada di dalam, mata saya tak lepas mengamati tingkah laku anak-anak muda di sini, mereka termasuk anak muda yang bebas. Mungkin karena budaya bebas di sini yang membuatnya? Entahlah...yang pasti anak-anak muda di Belanda sejak usia kira-kira 15 tahun sudah diperbolehkan untuk pergi sendiri ke event2 seperti ini, cuma bedanya mereka belum boleh ikut minum alkohol, karena minimal usia untuk mengonsumsi alkohol di Belanda adalah usia 21 tahun. Yang berumur di atas itu sibuk dengan teman2nya dan joged2 berasa seperti di diskotik hihi...ya namanya saja anak muda :) Prinsip mereka masih enjoy, dunia milik gue, yang lain ngontrak :D.

Waktu masih di Indonesia, saya pribadi belum pernah ke diskotik, ke konser, ataupun ke festival2 macam ini. Saya memang cupu (culun punya), suka musik2 ala disko tapi ngga berani dan ngga boleh sama orang tua hihi. Untungnya suami saya sekarang mau ikut dan nuruti rasa penasaran saya, gimana sih rasanya datang ke event seperti ini ? Menyenangkan juga :D Meski bukan comfort zone saya, tapi cueklah, karena saya enjoy musiknya B-) Seperti anak muda lainnya, I don't care untuk beberapa jam hihi.

Oh ya, dulu waktu masih belum pernah ke acara2 macam ini, pikiran saya dulu penuh dengan kalau festival seperti ini akan full dengan rusuh, narkoba, dan mabuk2an. Ternyata ngga semuanya seperti itu :) Narkoba dan senjata tajam jelas dilarang untuk dibawa masuk, langsung disita. Dan kerusuhan tidak terjadi, semua jadi satu, bahkan ada orang tua dan kedua anak kecilnya yang masih di bawah 10 tahun menikmati acara ini. Happy reading and enjoy the pictures (and short video) I've made :)




Jupiler, salah satu merk bir ternama di Eropa menjadi sponsor selain Coca Cola.

2 comments:

  1. wah jedug jedug mak hihihi... rame banget ya dan yang penting gretong (siapa yang gak suka?)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bayar aja penuh mak, apa lagi gretongan :D hahaha...suka nonton festival juga mak ? Thanks sudah mlipir kemari :D

      Delete