Tuesday 14 April 2015

30 Days Blog Challenge #Day 14 - What's Your Favourite Food ?

Hari ke-14 dalam blog challenge Mak Ipeh Alena kali ini berjudul "What's Your Favourite Food?". Mungkin judul paling favorit sejauh ini, karena saya hobi masak dan hidup di rantau membuat saya jadi lebih emosional kalau ngomongin makanan favorit kampung halaman. 
#blogchallenge Mak Ipeh Alena
Mungkin banyak yang menduga, hidup di rantau membuat kita jadi makin gemar makan makanan bule seperti roti, pizza, atau spaghetti...tapi kalau saya pribadi malah kebalikannya :) Saya justru makin doyan kuliner khas Indonesia, tadinya yang biasa-biasa saja dengan daun ubi direbus, sekarang makan daun ubi rebus saja jadi istimewa :) Cerita-cerita soal makanan favorit, makanan favorit saya adalah sambel pete :D 
Sambel Pete. Sumber: http://cdn.kaskus.com/images/2014/08/19/5623349_20140819043056.jpg
Saya adalah fans jengkol, pete, dan durian, tapi di antara tiga hal tsb, kami sekeluarga paling sering dulu masak ini. Nikmatnya pete yang melimpah di Indonesia membuat kami sering masak biji hijau ini, tetapi selepas merantau saya sendiri belum pernah masak ini, saking mahal dan terbatasnya pete, sering saya urungkan niat masak sambel pete yang pedes dan banyak petenya :D 

Sebenarnya pete (atau yang terkenal dengan sebutah Peteh Bonen di Belanda) selalu ada di toko Oriental di Belanda, cuma dikemas berbeda2, yang paling fresh yang paling mahal, per 100 gr dipatok harga 3,99 euro (sekitar Rp 55.000,-), sedangkan yang beku harganya per 100 gr sekitar 2,79 euro (sekitar Rp 38.000,-), dan yang paling murah adalah yang kalengan, dipatok harga 2,50 euro per 200 gr (sekitar Rp 34.000,-). Kalau lagi beruntung, saya bisa dapat yang fresh, jarang juga bisa dapatnya karena sekali datang, bisa langsung habis. Tentu saja kalau saya lagi niat makan pete level tingkat dewa, saya paling suka yang segar karena cita rasa pete masih terjaga hehehe..Oh dan yang masih saya sayangkan juga, semua pete di sini adalah produk impor dari Thailand. Menurut saya sebenarnya Indonesia bisa, kekayaan variasi pangan Indonesia justru lebih kaya daripada Thailand, semoga saja soon or later Indonesia bisa menyusul mengimpor pete segar dsb ke Eropa :) 

P.S.: Berikut adalah beberapa jenis kemasan pete yang dijual di Belanda.

Pete segar

Pete in jar. Sumber: http://cmgtcontent.ahold.com.kpnis.nl/cmgtcontent/media//001248500/000/001248552_001_235174_200.jpg

Pete beku. Sumber: http://farm5.static.flickr.com/4042/4290115191_699516836a_m.jpg

Pete kaleng. Sumber: http://static.mijnwebwinkel.nl/winkel/multicultifood/full26584803.jpg


6 comments:

  1. Wah seneng lihat konsisten menulis :) top!! banyak orang yang langsung bertanya padaku, "tinggal di luar negeri, pasti sudah lupa nasi". Weleh gimana bisa lupa nasi, orang ada rice cooker, beras aja dijual di supermarket, nasi goreng, nasi tumpeng, nasi uduk aja dijual/dipesan, bagaimana bisaaa mengenal kata lupa nasi?? #gagalpaham. Btw, suka pete yang mana mak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Paling suka mak, sama pete segar. paling top. Bau dan rasanya original Indonesia :) Yang kurang aku suka yang kaleng, kayaknya sudah direbus dulu, rasanya kurang maknyus. Nasi tak pernah kita lupa ya mak, selera selalu kembali ke asal :D

      Delete
  2. Salut dan takjub saya sama orang-orang yang senang dengan makanan pete dan jengkol. Jujur saja saya termasuk yang mejauhi kedua makanan tersebut. Karena efek sampingnya yang bikin pusing itu hehehehehe....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bikin pusing suami saya juga mak hihihi...Apalagi jengkol kalau salah masaknya, suami bisa ngamuk2 :P Makasih mak sudah mampir sini :)

      Delete
  3. ya ampuuun sambel petenya bikin kalaap ^o^.... aku minta si mba masak ini ah hari ini :D.. Eh pete kalengan gitu, bau khasnya msh ada ga sih mba? aku justru suka pete krn baunya itu ;p.... tapi kalo jengkol justru aku ga bisa makan -_- ga doyan blas itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi inspirasi masak ya mak ^_^ Selamat makan ya...bau pete dr pete kalengan masih ada mak, cm rasa udah kayak pete rebus, kurang enak buat dimasak lagi, alias kurang nendang :D

      Delete